Rabu, 22 Oktober 2014

What is Psychology?


Kita semua pasti pernah mendengar kata psikologi dari orang-orang. Semua beranggapan sesuatu yang berhubungan dengan psikologi itu adalah sesuatu yang tidak waras. Memang psikologi itu berhubungan dengan kejiwaan tetapi tidak semua yang berhubungan dengan psikologi itu adalah sesuatu yang tidak normal. Agar kita dapat mengetahui lebih dalam disini saya akan membahasas apa sih psikologi itu?

1. pengertian

Secara etimologi kata “psikologi” berasal dari kata psyce artinya jiwa dan logos artinya ilmu pengetahuan. Secara umum psikologi adalah ilmu pengetahuan (ilmiah) yang mempelajari prilaku, sebagai manifestasi dari kesadaran, proses mental, aktivitas motorik, kognitif dan juga emosional.

2. Tujuan Psikologi

Plotnik(2005:4) mendeskripsikan tujuan psikologi sebagai berikut:

·         Tujuan pertama psikollogi adalah mendeskripsikan beraneka macam cara perilaku organisme.

·         Tujuan Kedua psikologi adalah menjelaskan sebab-sebab dari prilaku.

·         Tujuan Ketiga psikologi adalah memrediksikan bagaimana organisme akan berprilaku dalam suatu situasi tertentu.

·         Tujuan Keempat psikolgi adalah mengontrol prilaku mahluk hidup

3. Pendekatan

o   Pendekatan Biologi : Pendekatan ini berfokus pada keturunan, hormon, sisitem urat syaraf, yang berinteraksi dengan lingkungan.

o   Pendekatan Kognitif : Pendekatan ini berfokus pada bagaimana individu memroses, menyimpan serta menggunakan informasi, dan bagaimana informasi mempengaruhi apa yang diperhatikan, dirasakan, dipelajari, diingat, dipercayai, dan diperkirakan.

o   Pendekatan Psikoanalisa : Pendekatan ini mempelajari bagaimana organisme mempelajari perilaku yang baru atau memodifikasi perilakunya.

o   Pendekatan Psikoanalisa : Pendekatan ini menekankan pengaruh kecemasan, hasrta, motivasi dalam pemikiran, perilaku yang tidak disadari, dan perkembangan sifat-sifat kepribadian

o   Pendekatan Humanistik : Pendekatan ini menekankan bahwa masing-masing individu memiliki kemerdekaan yang besar mengarahkan masa depannya.

o   Pendekatan Lintas Budaya : Pendekatan ini menguji persamaan dan perbedaan pengaruh budaya dan etnis pada fungsi-fungsi sosial dan psikologi dari kudayaan anggota masyarakat.

4. Macam-macam Psikologi Khusus

·         Psikologi Perkembangan

·         Psikologi sosial


·         Psikologi Pendidikan

·         Psikologi Kepribadian

·         Psikopatologi

·         Psikologi Kriminal

·         Psikolgi Perusahaan





Sumber : Basuki, A.M Heru.(2008).Psikologi Umum. Jakarta:Universitas Gunadarma.

0 komentar:

Posting Komentar

 

ayurositana Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang