Rabu, 22 Oktober 2014

Biografi Sigmund Freud


Sigismund (Sigmund) Freud kemungkinan lahir 6 Maret atau 6 Mei di Freiberg, Moravia yang kini menjadi bagian dari Republik Ceko. Freud adalah anak sulung dari Jacob dan Amalie Nathanson Freud. Sigmund sendiri memiliki 2 orang saudara seayah yang lebih tua dan 6 saudara kandung. Pada saat ia berusia 4 atau 5 tahun, keluarganya pindah ke Wina, dimana dia menghabiskan sebagian besar hidupnya, tetapi Sigmund selalu menjadi kesayangan, yang secara tidak langsung membuat dirinya berkembang menjadi pribadi yang percaya diri. 

Freud masuk fakultas kedokteranUniversitas Wina dan lulus sebagai dokter pada tahun 1881. Dari catatan pribadinyadiketahui bahwa Freud sesungguhnya tidak tertarik untuk menjalani praktek sebagai dokter,dan lebih tertarik kepada kegiatan penelitian ilmiah. Freud menikah dengan Martha Bernayspada tahun 1886.Ketika Freud masih menjadi mahasiswa, seorang ahli saraf ternama dari Wina, Dr.JosephBreuer, telah menggunakan metode khusus untuk menangani histeria, yakti metode hipnosis.Melalui sebuah kasus Anna O, Breuer berhasil membuktikan bahwa penyebab histeria yangdiderita pasiennya itu adalah pengalaman-pengalaman traumatik tertentu dari si pasien. Kasusini ditangani Breuer dari tahun 1880 sampai 1882. Diwaktu yang sama seorang ahli saraf terkemuka dari Rumah Sakit La Salpetriere, Paris, Jean Martin Charcot yang jugamengembangkan metode yang sama (Koswara, 1991).

Dari kedua orang inilah Freud belajar dan mempraktekan metode hipnosis untuk menanganikasus-kasus histeria. Freud belajar selama 6 bulan dengan Jean Charcot dan mempelajarihipnosis untuk membantu menangani pasien dengan gejala non organ, dengan berbagaigangguan saraf, khususnya histeria.Pada tahun 1889 Freud mencoba metode lain karena merasa tidak puas dengan prosedur danhasil yang dicapainya dalam menggunakan metode Breuer dan Charcot. Lalu Freud mencobametode sugesti yang dipelajari dari Bernheim dan kembali Freud merasa tidak puas, sehinggaia akhirnya mengembangkan dan menggunakan metode sendiri yang disebut dengan asosiasibebas. Saat menempuh jalannya sendiri, Freud mengemukakan gagasan-gagasannya yangakhirnya merupakan dasar daripada teori psikoanalisis dan memuncak dengan terbitnya karya utamanya yang pertama “Traumdeutung (Takbir mimpi,the Interpretation of Deram, 1990) (Suryabrata, 2005). Lebih dari 40 tahun freud aktif dalam penelitian klinis, dia mengembangkan teori kepribadian,metode pengobatan untuk gangguan kepribadian, dan memperkaya pengamatan klinisberdasarkan pengalaman terapinya dalam menganalisis dirinya sendiri. Mengenai pendapat-pendapat Freud, sangat banyak untuk dijelaskan sehingga sulit untuk memberikan simpulan.Dan pada makalah ini hanya akan dibahasa mengenai teori psikodinamika, yang membahasbawah sadar, struktur fisik, id, ego, dan superego.



 




Sumber :
Feist, Jess & Feist, Gregory J .Teori Kepribadian Edisi 7.Jakarta : Salemba Humanika. 2010.

https://www.scribd.com/doc/95095151/Biografi-Singkat-Sigmund-Freud

0 komentar:

Posting Komentar

 

ayurositana Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang