Minggu, 23 November 2014

Tugas Softskill Fenomena Internet Addiction



Fenomena Internet Addiction



Fenomena Addiction terhadap internet atau kecanduan terhadap internet bisa juga disebut syndrome yang ditandai dengan menghabiskan banyak waktu dengan internet dan tidak bisa mengontrolnya. Saat ini fenomena addiction sudah menjangkit ke segala jenis umur manusia terutama pada remaja . contoh kasus sederhana, ketika kita bertemu dengan teman-teman yang lama sudah tidak berjumpa, kita justru asik sendiri dengan gadget masing-masing padahal pertemuan ini menjadi pertemuan yang dinanti-nantikan oleh mereka semua, tetapi mereka merusaknya karena hanya perduli dengan gadgetnya. 

a. faktor etiologi
·         - Masalah pribadi : sebagai manusia kita selalu dihadapkan dengan masalah-masalah yang ada. Kemudian kita tidak tau siapa seseorang yang tetap untuk kita berbagi, sehingga internet menjadi pelariannya untuk “menyandarkan diri” meluapkan masalah-masalahnya yang ada melaluli internet. Ini bisa menjadi penyebab terjadinya internet addiction.
·         - Respon Biokimia otak : beberapa kasus kecanduan, muncul sebuat rasa nikmat saat mereka melakukan koneksi dan menjelajahi dunia maya. Oerasaan senang atau nikmat tersebut kemungkinan besar terkait dengan hormone endorphin yang dikeluarkan oleh hipotalamus otak.
·        - Rasa malu berlebih : Ada beberapa jenis orang yang mempunyai rasa malu berlebih ketika mereka berinteaksi langsung dengan seseorang, dan mengakibatkan mereka mereka tidak nyaman akan situasi tersebut. Seseorang yang memiliki rasa malu lebih justru malah lebih nyaman melakukan interaksi di dunia maya, salah satu kelibahan dunia maya adalah mereka bisa tidak memunculkan identitas asli mereka, biasa jadi ini awal dari mereka terkena internet addiction.
·        - Internet sebagai sarana melarikan diri : point bisa jadi gabungan dari masalah pribadi dan rasa malu berlebih. Mereka menganggap dengan berinteraksi ke dunia maya itu menjadi sangat berguna dan tidak jarang mereka menaggapnya itu sebagai relaksasi. Saat mereka sudah merasa terikat dengan internet, mereka berpotensi mengalami kecanduan internet.
·        - Berbagi kemudahan instan : internet menawarkan berbagai kemudahan mulai dari game online sampai berbelanja online melalui internet. Dari internet juga kita bisa mengetahui informasi dengan cepat entah seberapa jauhnya informasi itu dari kita. Saat ini sudah banyak agen-agen yang menawarkan kemudahan dalam internet tak bisa disangkal beragam aktivitas dengan kemudahan akses membuat mereka berlama-lama menghabiskan waktu untuk internet.

b. Jenis-jenis Adiksi
Berikut ini adalah sub-sub tipe dari internet addiction menurut Kimberly S. Young, et. al. (2006):
·   Cybersexual Addiction,
Termasuk ke dalam cybersexual addiction antara lain adalah individu yang secara kompulsif mengunjungi website-website khusus orang dewasa, melihat hal-hal yang berkaitan dengan seksualitas yang tersaji secara eksplisit, dan terlibat dalam pengunduhan dan distribusi gambar-gambar dan file-file khusus orang dewasa.
·   Cyber-Relationship Addiction
Cyber-relationship addiction mengacu pada individu yang senang mencari teman atau relasi secara online. Individu tersebut menjadi kecanduan untuk ikut dalam layanan chat room dan seringkali menjadi terlalu-terlibat dalam hubungan pertemanan online atau terikat dalam perselingkuhan virtual.
·   Net compulsions
Yang termasuk dalam sub tipe net compulsions misalnya perjudian online, belanja online, dan perdagangan online.
·   Information Overload
Information overload mengacu pada web surfing yang bersifat kompulsif.
·   Computer Addiction
Salah satu bentuk dari computer addiction adalah bermain game komputer yang bersifat obsesif.

Sumber:
·         Demetrovic, Zsolt, et.al. 2008. The Three-factor Model On Internet Addiction: The Development of the Problematic Internet Use Questionnaire.
Young, Kimberly S. 2006. Cyber Disorder: The Mental Health Concern for the New Millennium.  
·         http://artikel.okeschool.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

ayurositana Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang